Saturday 11 August 2018

Talk about Life: Galau Karena Bruntusan

Kenapa bruntusan masuk ke sesi Talk about Life? Karena bruntusan adalah salah satu kejadian yang mewarnai kehidupan Emma  *tsahhh

Jadi, sesuai judul, di postingan kali ini, tentu saja Emma bakal cerita tentang bruntusan. Kenapa sampe ditulis di blog? Karena bruntusan ini berhasil ngebuat Emma galau abiissss... No kidding gaes.

Mungkin terlalu dalem kalo dibilang hampir depresi, jadi Emma lebih pilih kata galau aja.

Ada yang bilang, "Halah gitu aja."

Scuze me? "Gitu aja." you said?

Oke, mungkin niatnya pengen sedikit menghibur biar aing gak galau-galau amat, but man, if you were in my shoes, then you will understand what i feel -_- and you wouldn't saying  "Gitu aja"

Karena ini adalah curhatan, Emma bakal tulis kronologinya. Jadi begini...

>>Senin, 9 Juli 2018
Masih baik-baik aja. Malem itu salah satu temen lama ngajakin nongkrong bareng temen-temen yang lain, ya hayuk aja kan, pas touch up muka, berasa ada beberapa bruntusan kecil di sekitar dagu, and i was just like, "no prob, nanti dibersihin."

Masih inget banget malem itu pesen spaghetti spicy tuna, yang sempet beberapa hari jadi tersangka bruntusan wkwkwk


>>Selasa, 10 Juli 2018
I woke up and my make up still on, goshhh, my bad.

Salah satu kebiasaan jelek Emma adalah, kalo udah capek atau males, suka lupa bersihin muka. Dan ya, langsung bersihin muka pake micellar water terus mandi karena mesti kerja.

Nah, waktu lagi dandan, rasanya ada yang aneh sama muka, biasanya halus walaw tak sehalus sutera, kok tiba-tiba rada gradakan gitu ya, and i was just like, "mesti scrubbing  nih." karena dikiranya itu kayak cuman komedo atau kotoran biasa.


>>Rabu, 11 Juli 2018
Mulai keliatan banget bruntusannya, mulai galau gak jelas, but I still survive. Orang-orang sekitar juga mulai nyadar kalo ada yang salah sama muka Emma. Pada nanya abis makan apa, dan ya, tersangkanya cuman satu waktu itu, spaghetti spicy tuna.

Selama mulai bruntusan itu, Emma berusaha menenangkan bruntusan dengan aloe vera gel dari Nature Republic, tapi nampaknya doi gak berpengaruh banyak, cuman ngasih efek cooling karena muka berasa rada panas, dan karena bruntusan ini beda dari bruntusan yang lain, huft...


>>Kamis, 12 Juli 2018
Kerjaan libur, jadi bisa make up free seharian, dan Emma memanfaatkan hari itu dengan mengompres wajah pake aloe vera dari Natrep ituh, tapi kok, rasa-rasanya gak banyak berubah. Tiap kali pegang muka tuh kok, kayak, apa ya, kasar banget, kayak bukan wajah sendiri gitu. Rasa-rasanya kayak pengen nyerah. I don't really like to admit it, but my face was disgusting honestly.


>>Jumat, 13 Juli 2018
I'm giving up. Akhirnya ke apotek buat beli obat, setelah Emma ceritain kronologinya, Emma dikasih obat oral, diminum 3x sehari, dan itu membuat Emma harus makan teratur 3x sehari.

Waktu itu nggak nanya obatnya bikin ngantuk apa enggak, tapi sampe di kafe terus sarapan, terus minum obat, terus Emma kayak pusing ngantuk gitu dong. Akhirnya bukannya kerja, malah tidur.

Sore, sepulang kerja, karena kayak gak puas sama obat, ya I know, obatnya mesti berproses, tapi Emma tuh gak sabaran kan anaknya, jadi akhirnya ke apotek lagi, tapi beda apotek, di sana Emma jelasin juga kronologinya. Tapi bu apotekernya kayak lebih detail gitu, Emma ditanyain udah berapa lama di Semarang, awalnya dikira kayak alergi air gitu kan, lalu setelah dilihat lebih seksama, ibu apotekernya bilang, "Oh, ini mungkin faktor cuaca, adik sama anak saya juga kalo perubahan cuacanya cukup ekstrim kadang gatel-gatel gitu kayak kamu."

"Di wajahnya bu?"

"Bukan, di seluruh tubuh." jawab ibu apoteker dengan enteng, lalu Emma merasa tidak ada apa-apanya dibanding mereka. "Tapi yang rentan memang di bagian-bagian lipatan." lalu Emma sadar, kalau di lipatan tangan Emma juga merah-merah.

Ibu apoteker yang tidak Emma ketahui namanya itu, mulai lihat-lihat lagi muka Emma, rada malu sebenernya gaes, tapi gpp, demi kesembuhan wajah kan?

"Ini harus pakai yang nggak ninggalin bekas." lalu ibu apoteker mulai mencari-cari dan voila, muncullah, salep atau krim atau apapun namanya ini. "Ini dipakainya tipis-tipis ya sehabis mandi, pokoknya tipis aja."

Pertanyaan pertama Emma adalah, "Kalo pake ini tetep boleh pake make up?"

"Boleh, asal jangan yang berat-berat, biar kulitnya nafas."

Setelah sedikit basa-basi dan tak lupa membayar pula pastinya, Emma pulang dengan sedikit perasaan lega, sedikit banget tapi. Fyuhhh

Sampe kos, yang biasanya jarang banget mandi, Emma langsung mandi, dan oles-oles krim dari apotek, sumpah gaes, pengen banget cepet-cepet sembuh, tapi memang gak mungkin instan. Setelah itu makan dan minum obat. Dan teparrrr...


>>Sabtu, 14 Juli 2018
Emma memutuskan buat ijin karena tiap abis minum obat langsung tepar. Selain itu juga Emma pengen membiarkan wajah Emma bernafas tanpa sentuhan make up. Jadi seharian itu bener-bener muka cuma kena air sama salep atau krim dari apotek, efek sampingnya ya ada, kulit jadi rada kering, dan masih agak gradakan pastinya.

Seharian cuman di kos, makan 3x sehari (thanks to abang ojol), minum obat 3x sehari, dan tidur 3x sehari

Sabtu malam pas mau mandi, (iya Emma mandinya malem, kalo sore males banget) Pegang-pegang muka, masih kasar, tapi kasarnya itu kering, kayak apa ya rasanya itu, kayak gak cuci muka beberapa hari terus muka jadi komedoan gitu, terus Emma memberanikan diri buat scrubbing muka pake bedak dingin. Iya, bedak dingin tradisional itu, Emma kan anaknya tradisional banget, jadi masih suka nyetok bedak dingin.

Dan setelah itu muka berasa agak enteng, dan tetep lanjut pakai salep dari apotek. Selanjutnya, makan, minum obat, tepar lagiiii....


>>Minggu, 15 Juli 2018
Masih ijin kerja karena masih ngabisin obat, dan pas bangun pegang-pegang muka dan tiba-tiba berasa bahagiaaaa bangetttt. Bukan, bukan karena muka Emma tiba-tiba menjadi halus seperti dulu, tapi karena ada kemajuan gaes. Muka yang sebelumnya gradakan banget, terus sekarang udah mendingan bangettt.

Gradakan jelas masih, tapi nggak separah kemarin-kemarin. Semangat hidup yang sempat drop akhirnya muncul kembali wkwkwk

Sounds lebay? Biarin... Pokoknya bahagiaaaa


>>Senin, 16 Juli 2018
Rasanya seperti terlahir kembali. Wajah udah 80% halus, gradakan sudah pergi YEAAAAYYYYYY *CAPSLOCK JEBOL*

TAPI, kulit wajah jadi cenderung kering, dan ada beberapa spot yang ngelupas. Ngelupasnya nggak parah sih, dan nggak yang keliatan bgt jugak, kecuali bener-bener diliat dari deket.

But that's okay, at least udah gak gradakan lagi.

Hari itu Emma memutuskan untuk mulai kembali bekerja seperti biasa, karena emang udah ijin sama admin sampe hari minggu doang wkwkwkk
.
.
.
Selang satu minggu, aing kembali dibuat galau dengan kembalinya si bruntusan ini. Omaigatttt

Krim atau salep atau apapun namanya yang dari apotek itu masih sisa cukup banyak karena emang pakenya dikit-dikit banget, Emma olesin lagi tuh, dan paginya bruntusan mulai kalem.

Dan ya, beberapa waktu belakangan ini memang perubahan cuaca lagi rada ekstrem gengs. Daerah tempat Emma kos itu termasuk panas, dan kalo mandi pagi itu nggak dingin-dingin banget, no drama lah. Tapiiii..... beberapa waktu lalu sekitar awal Agustus, duh gilak sih ini, aing abis mandi pagi gemeteran cuy, cek hape ternyata suhu 23℃ ya pantesan aja, dan beberapa temen juga share di tempatnya ada yang 22℃, belom lagi yang di daerah dataran tinggi, beuh, Jawa rasa Eropa kali yaaa

Dan doi a.k.a bruntusan kembali di kala dingin menyapaku lagi wkwkwk tapi nggak separah sebelumnya, karena Emma udah lebih prepare jugak. fyuhhh

Ya pasti ada yang nyletuk, "Muka Emma kok gitu (read: bruntusan) lagi?" ya gimana, yang bisa Emma lakukan hanya tersenyum dan kembali bersabar wkwkwk

KESIMPULAN

Nggak tau ini kenapa ada kesimpulan, ya maksud Emma intinya gitu ya gaes hehe

Sampe hari ini (postingan ini dipublish) tentu saja Emma masih terus me-maintaince kondisi kulit wajah. Selalu jaga kebersihan wajah, gak pake acara mager-mager bersihin make up. Beberapa produk yang berjasa selama proses penyembuhan:
1. Salep atau Krim atau apapun namanya itu yang dari apotek, karena sudah meredakan bruntusan pastinya.
2. Bedak Dingin Tradisional, karena sudah membantu meluruhkan(?) gradakan yang kering
3. Nature Republic Aloe Vera, sudah bantu kasih efek cooling ke wajah ketika wajah belum nemuin pertolongan yang tepat
4. Laneige Water Sleeping Mask, efek pemakaian salep apotek bikin kulit kering, nah setelah berhenti pakai salep, Laneige ini bantu banget balikin kelembaban ketika tidur, jadi pas bangun tidur wajah jadi lebih sehat dan nggak kering banget

Setelah perjuangan panjang....

Super Duper happy ketika orang-orang udah mulai sadar sama perubahan wajah Emma, yang kemaren gradakan terus mulai balik sehat lagi.

"Emma wajahnya udah balik lagi ya?" adalah salah satu kalimat yang bisa jadi mood booster buat Emma, ya siapa sih yang gak seneng dipuji gitu? *malu2meong*

Hahaha

Ya, jadi sekian curhatan Emma kali ini, intinya, di musim-musim dengan cuaca ekstrem kayak gini mesti tetep waspada gengs, tetep jaga kesehatan yaaaa...

See you on my next post
Xoxo

Emma Lensrich

2 comments:

  1. Nama salep yg beli di apotek apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa apa namanya kak, mending langsung ke apotek aja, atau cek ke dokter dulu, biar nggak salah penanganan. soalnya kondisi kulit orang beda-beda :)

      Delete

Talk about Life: Hari ke-1 Isolasi Diri

Halo semuanya, setelah sekian purnama, akhirnya blog ini update lagi. Dari judul pasti udah ketauan ya mau bahas apa. Iyap, isolasi...