Tuesday 27 February 2018

Mau Buka Rekening Baru tapi e-KTP Kadaluarsa?




http://kecamatansukorejo.blogspot.co.id/2017/03/persyaratan-cara-membuat-e-ktp-baru.html 


Hai gaes, long time no see…

Kali ini aku mau cerita tentang pengalaman waktu mau buka rekening tabungan baru, tapi e-KTP udah kadaluarsa. Wah, bisa nggak ya?

Hmmm…

Oke, jadi gini, aku berencana buat buka rekening baru bebas biaya admin yang disaranin temen, soalnya doi kerja di bank. Ya eke kepincut dong sist wkwkwk

Namanya juga rencana, yang rencana awal udah mau buka rekening bulan November 2017, eh baru terlaksana di bulan Februari 2018.

Tapi gapapa lah yaw muehehehe

Jadi, sebelum berangkat ke bank, aku kabarin dulu mbak Yoland (temen yang kerja di CIMB Niaga) kalau aku mau buka rekening. Setelah di-iya-in, aku siapin persyaratan yang kira-kira bakal dibutuhin. Salah satunya adalah e-KTP.

Lalu Emma melihat ada yang aneh, tapi apa?

Oh, masa berlaku e-KTP nya habis satu bulan yang lalu.

Jeng jeng jengg…

Gimana nih? Masa pulang Jepara dulu buat perpanjangan? Nanti yang ada gak jadi buka rekening lagi dong? Karena apa? Karena niat yang akhirnya terkumpul kembali tercecer *tsahh

Emma laporan ke mbak Yoland, bilang kalo KTP Emma udah kadaluarsa, kira-kira bisa nggak? Dan mbak Yoland bilang…

“Nggak bisa.”

APAAAAA?! *Emma lebay*

Mbak Yoland mulai nanya kartu identitas yang lain, mulai dari SIM (Emma gak punya, soalnya gak berani naik motor wkwkwk), sampe paspor (Emma belum bikin mbak wkwkwk). Lalu Emma dengan PD nya nanya, “pake kartu mahasiswa bisa nggak mbak?” wkwkwkwk

Dan jawabannya adalah,

Nggak bisa juga.

Huft.

Saat hampir nyerah, Emma berinisiatif buat googling, soalnya pernah denger kalau e-KTP itu berlaku seumur hidup kan, cuman belum paham ketentuannya yang kayak gimana.

Lalu hati kecil Emma berkata,

“Makanya Ma, kalau baca berita jangan setengah-setengah.”

Oke,

Baiklah,

Terima kasih Google atas pencerahannya. Ada banyak link berita yang menyatakan kalau e-KTP memang berlaku SEUMUR HIDUP walaupun tercantum tanggal KADALUARSA.

Berasa mendapatkan semangat baru tau gak sih? Wkwkwk

Emma kontak mbak Yoland lagi, bilang kalau e-KTP yang udah kadaluarsa masih bisa dipakai soalnya masa berlaku seumur hidup.

Lantas, Emma menyadari sesuatu. Nampaknya ada sebuah miskomunikasi antara Emma dan mbak Yoland. Mungkin dikira mbak Yoland itu, KTP Emma yang udah kadaluarsa itu KTP biasa yang masih kertas, soalnya tadi Emma cuman bilang KTP, bukan e-KTP hahahaha

KTP dan e-KTP itu, beda gaes. Wkwkwkwk

Bermodalkan informasi dari google itu, aku mah nekad aja dateng ke bank buat buka rekening. Emma punya NPWP yang kali aja berguna kalau missal e-KTP ditolak. Tapi ya tetep positive thinking kalau bisa buka rekening baru.

Dan Emma udah berencana, missal e-KTP ditolak, Emma mau kasih liat surat edaran dari Mendagri tentang masa berlaku e-KTP yang seumur hidup, YASH !!!

Emma dianterin abang gojek sampe bank CIMB Niaga dengan selamat, tapi mbak Yoland nggak ada di tempat wkwkwkwk. Tapi gpp, kan masih ada CS yang lain, sama aja lah yaw.

Setelah ambil nomor antrian dan nunggu beberapa saat, mungkin sekitar setengah jam, mbak CS memanggil nomor antrian Emma.

Yah, seperti biasa, ditanyain mau transaksi apa, untuk keperluan apa, dan dimintain kartu identitas. Yaudah, Emma serahin deh tuh si e-KTP yang udah kadaluarsa.

Dan mbak CS nya nggak komplain tentang masa kadaluarsa e-KTP.

Berarti BISA. Horeee… :D

I did it, I did it, I did it, yeay! *nyanyi ala Dora*

Selain e-KTP, mbak CS juga nanyain NPWP. Berhubung Emma punya, ya Emma kasih aja, tapi kayaknya itu nggak wajib sih. Jadi buat yang belum punya NPWP juga nggak masalah, tetep bisa buka rekening baru kok :)

Setelah isi data diri, bayar materai 6000 (kalau nggak mau bayar ya bawa sendiri dari rumah) bayar setoran awal dan rekening baru kita akan diproses.

FYI, untuk tipe rekening Tabunganku yang Emma buka ini, minimal setoran awal cuman Rp 20.000,- (yang akan jadi saldo mengendap juga) dan bebas biaya administrasi bulanan. Cocok buat yang mau nabung tanpa pengen saldo kepotong-potong biaya admin tiap bulan.

Tabunganku ini nggak dapet buku tabungan, tapi diganti sama e-statement yang bakal dikirim ke e-mail kita yang terdaftar. Selain itu, tersedia layanan m-banking dan internet banking juga yang memudahkan generasi zaman now untuk transaksi kapan saja dan dimana saja. Woohoooo…

Oke,

Jadi,

e-KTP berlaku SEUMUR HIDUP, meskipun di e-KTP tertera tanggal kadaluarsa, e-KTP tidak perlu diperpanjang KECUALI yang bersangkutan memiliki perubahan data perkawinan dan atau kependudukan.

Nah, terus kenapa e-KTP punya Emma tertulis tanggal kadaluarsa tapi ada juga yang tertulis masa berlaku seumur hidup?

Soalnya Emma bikin e-KTP tahun 2013, sementara cetakan e-KTP berlaku seumur hidup baru dimulai tahun 2014 *cmiiw* dan sebenernya bisa aja Emma bikin e-KTP baru yang masa berlakunya seumur hidup,

Tapi,

You know gaes, di beberapa daerah blanko e-KTP adalah sesuatu yang langka. Salah satu temen Emma juga ada yang perpanjangan e-KTP tapi berhubung blankonya kosong, jadinya diganti surat keterangan gitu. Kan jadi males nyimpennya, rawan lecek pula, a hew…

Coba baca salah dua berita ini deh, sebenernya ada banyak, tapi Emma ambil top 2 nya ajah


Di situ dijelaskan tentang peraturan e-KTP dan printilan-printilannya, dan berhasil membuat Emma mendapatkan semangat baru buat buka rekening wkwkwkwk

Semoga informasi ini bermanfaat ya… Khususnya buat yang mungkin masih bingung dan galau gara-gara e-KTP nya “kadaluarsa” :D atau mungkin ada informasi dari Emma yang kurang tepat atau salah, just let me know, nanti Emma koreksi :D

Thank you for reading

See you on my next post

Xoxo



Emma Lensrich

No comments:

Post a Comment

Talk about Life: Hari ke-1 Isolasi Diri

Halo semuanya, setelah sekian purnama, akhirnya blog ini update lagi. Dari judul pasti udah ketauan ya mau bahas apa. Iyap, isolasi...